Sabtu, 14 April 2012

GAMBAR PANTAR

Berawal dari rasa penasaran kami tentang barang yang bernama PANTAR ini,apakah memang hanya ada di Sumbawa.Kami coba browsing &tanya2 sama nde google.gambarnya dll.Hingga mengetik kalimat yang berbahasa Indonesia yaitu bale-bale,atau tempat duduk/tidur dari bambu.
Aduh..sungguh tak membuahkan hasil yang maksimal.
Nah..ini hanya posting tambahan dari kami yang tidak lucu atau kuha..kuha..kuha.....,namun sekedar mempopulerkan barang yang namanya "Pantar"yang begitu akrab dengan masyarakat sumbawa khususnya.


Barang ini funsinya selain tempat santai &baring2,juga yang paling dominan digunakan untuk duduk ramai-ramai,bercerita,bersenda gurau,atau dalam bahasa Sumbawa "besmaras". he..he..he..
Di daerah lain barang ini mungkin saja ada,tapi tidak khas seperti di Sumbawa,Ditempat lain ada yang menggunakan atap,ada juga yang menggunakan sandaran
Khusus gambar "pantar" kali ini kebetulanaktifitasnya tidak seperti di jaman dulu lagi.ya kayaknya disesuaikan dengan jaman sekarang.(walau jaman telah berubah &maju he..he,,PANTAR tetap eksis)
Oya,...ada "NISUNG" juga loh...yaitu sebuah alat penumbuk padi khas orang Sumbawa dulu.
Nah...untuk teman2 penghuni PANTAR di blog BGESA-Laong Pantar ini. kami mencoba memberikan gambar2 "pantar" tsb.Siapa tau bisa mngobati rindu kalian akan pantar.
Sepertinya.....ada kerinduan di sana.  yooo...iii



1 komentar: